Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Ambon, Pejabat Gubernur Maluku Disambut Demo

Kompas.com - 25/10/2013, 13:41 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pejabat Gubernur Maluku yang baru dilantik, Saut Sitomorang, disambut unjuk rasa puluhan mahasiswa di Ambon, Jumat (25/10/2013). Puluhan mahasiswa yang menamakan diri Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (Gamak) ini berunjuk rasa tepat di depan Kantor Gubernur Maluku saat Saut baru saja menginjakkan kakinya di Ambon, pada Jumat pagi tadi.

Dalam aksinya, mahasiswa meminta agar pejabat gubernur yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu mendorong pihak penegak hukum untuk dapat menuntaskan sejumlah kasus korupsi di Maluku.

“Kami hanya ingin mengingatkan kepada Pejabat Gubernur Maluku yang baru menginjakkan kakinya di Ambon untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu mendorong penuntasan sejumlah kasus korupsi di Maluku,” teriak koordinator aksi Nalon Ngabalin Alwear saat berorasi.

Dalam orasinya, para pendemo juga mengingatkan Saut agar tidak terlibat kasus korupsi di Maluku seperti yang menjerat pejabat lainnya selama ini. ”Jangan bermain-main dengan hukum. Jadilah pemimpin yang bersih di daerah ini,” ungkap mahasiswa.

Sebelumnya mahasiswa berunjuk rasa di Kantor Polda Maluku terkait sejumlah kasus korupsi di Kabupaten Maluku Tenggara. Mereka juga berunjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku sebelum akhirnya mereka membubarkan diri.

Penunjukan Saut Sitomorang sebagai Pejabat Gubernur Maluku menuai pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat Maluku saat ini. Sejumlah fraksi di DPRD Maluku secara terang-terangan menolak Saut

Saut sendiri dilantik di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada Rabu (23/10/2013) dan baru tiba di Ambon ntuk menjalankan tugasnya pada Jumat pagi tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com