Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni Padendang Pikat Turis Mancanegara

Kompas.com - 23/10/2013, 18:51 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


PINRANG, KOMPAS.com - Seni padendang, salah satu kesenian tradisional khas Pinrang, Sulawesi Selatan, yang biasanya dimainkan sebagai hiburan pada pesta panen memikat para turis mancanegara.

Para wisatawan, antara lain berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Australia, menyaksikan atraksi tersebut pada pergelaran seni padendang dan ayunan yang ditampilkan para petani di Madimeng, Kelurahan Mamminasae, Pinrang.

Pada acara yang berlangsung selama seminggu hingga Rabu (23/10/2013) ini, para wisatawan tidak hanya menonton. Mereka pun ikut bermain padendang dengan mengetuk alu yang berhias pita di salah satu ujungnya. Mereka berusaha mengikuti irama musik padendang yang dimainkan warga.

Warga pun menyambut dengan antusias kedatangan turis asing yang menikmati perjalanan wisata di berbagai objek wisata di Pinrang itu. Tidak sedikit warga yang memanfaatkan momen itu untuk berfoto dengan para turis.

Panitia pelaksana pergelaran padendang dan ayunan, Hamzah, mengatakan, warga sangat senang bisa menerima para wisawatan mancanegara itu. "Kehadiran para turis itu setidaknya bisa memberi spirit bagi generasi muda untuk tetap melestarikan salah satu kebudayaan," ujar Hamzah.

Dia berharap kesenian yang ditampilkan pada pesta pasca-panen itu bisa diangkat bahkan dilestarikan agar tidak punah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com