Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pinrang Amankan Wanita yang Mengaku Utusan Langit

Kompas.com - 08/10/2013, 21:02 WIB

PINRANG, KOMPAS.com — Muliati binti Aras Muna (34), warga Kecamatan Tiroang, Kabupaten Pinrang, ditangkap di Kelurahan Panreng, Kecamatan Baranti, Sidrap, karena membawa badik, Selasa (8/10/2013).

Perempuan berkerudung warna-warni tersebut kini diamankan bersama sejumlah barang bukti berupa buku bertuliskan huruf Arab, keris, dan kuningan di Mapolsek Baranti.

Kapolsek Baranti, AKP Muh Tanding, yang dikonfirmasi di ruang kerjanya membenarkan penangkapan perempuan berpostur mungil tersebut.

Menurut Tanding, penangkapan Muliati yang juga mengaku bernama Puang Cahaya Mulia, Nur Intan Berlian, atas laporan warganya yang curiga dengan sikap Muliati.

"Setelah kita bawa ke kantor, ternyata ia membawa sejumlah badik berbagai jenis, termasuk keris tanpa gagang. Ia kami tangkap dengan sangkaan undang-undang darurat dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," kata Tanding.

Tanding menambahkan, setelah mendalami lebih jauh, pihaknya kemudian menemukan sejumlah kuitansi pembayaran.

"Setelah kami memeriksa lebih jauh, kami duga ia terlibat dalam sindikat pengganda uang. Terbukti dengan adanya sejumlah kuitansi pembayaran," kata Tanding.

Tak sekadar kuitansi, polisi juga menemukan barang lainnya berupa potongan kuningan berbentuk segitiga. Di kuningan tersebut terdapat tulisan logam mulia.

Belakangan diketahui jika Muliati kerap mengaku mampu menggandakan uang dengan cara terlebih dahulu mengambil uang korbannya, lalu dijanjikan akan digandakan dalam beberapa waktu.

"Kami sementara berkoordinasi dengan Polres Pinrang. Karena dalam kuitansi tersebut rata-rata adalah orang Pinrang," kata Tanding.

Tanding menambahkan, meski belum ada korban yang melapor telah ditipu oleh tersangka, ia tetap diamankan sebagai langkah antisipasi.

"Sengaja kita amankan, untuk kasus membawa badik. Sementara untuk dugaan penipuannya, kami masih menunggu laporan warga yang merasa dirugikan, termasuk hasil koordinasi dengan Polres Pinrang," tegasnya.

Uniknya, Muliati yang mengaku utusan dari langit tersebut, mengatakan, ia juga mempunyai sejumlah pengikut di berbagai tempat, termasuk di Kendari.

"Saya diutus untuk membersihkan dosa umat manusia dunia," ujar Muliati dengan nada menyakinkan kepada aparat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com