Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Kepri Dilempari Batu dan Kayu

Kompas.com - 20/10/2013, 16:20 WIB
Kris R Mada

Penulis

Sumber KOMPAS

BATAM, KOMPAS.com —Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo nyaris menjadi korban pelemparan oleh massa yang marah di kawasan Tanjung Uma, Batam, Kepulauan Riau, pada Minggu (20/10/2013) sore. Mereka menolak kehadiran Soerya di kawasan tersebut.

Soerya beberapa kali mencoba mendekati massa. Namun, massa yang sudah emosional sejak pagi tidak menerima kehadiran Soerya. Bahkan, sedikitnya tiga kali lemparan batu dan kayu nyaris mengenai Soerya saat ia tengah berusaha mendekati massa. "Pergi dari sini, jangan coba-coba masuk ke kampung kami," ujar sejumlah orang di dalam kerumunan.

Warga merasa kesal sejak pagi karena mereka bentrok dengan kelompok tidak dikenal yang datang ke Tanjung Uma. Bahkan, warga dan massa tidak dikenal sempat bentrok di jalan masuk kampung.

Bentrok terjadi saat warga tengah memasang patok-patok di sekitar lahan yang menjadi sengketa. Warga dengan salah satu perusahaan swasta bersengketa atas lahan 108 hektar sejak 2004.

Kerumuman sempat bubar pada tengah hari. Namun, warga kembali berkumpul saat mendengar isu massa tidak dikenal akan kembali masuk kampung mereka. Saat itulah justru Soerya datang dan menjadi pelampiasan emosi warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com