Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Perintahkan Pembatalan Pabrik Baja di Trowulan

Kompas.com - 18/10/2013, 15:22 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, meminta Bupati Mojokerto untuk membatalkan rencana pembangunan pabrik baja oleh PT Manunggal Sentral Baja, di wilayah cagar budaya situs Majapahit di Kecamatan Trowulan Mojokerto.

Bahkan, Bupati Mojokerto harus mencabut kembali izin prinsip yang telah dikeluarkan kepada PT Manunggal Sentral Baja. "Atas dasar prinsip lebih mengutamakan kepentingan umum dan negara, maka pembatalan itu boleh dilakukan," katanya kepada wartawan, Jumat (18/10/2013) di Surabaya.

Menurut Soekarwo, yang terpenting adalah bagaimana rencana pembangunan itu dibatalkan, sementara terkait tanggungan perdata, akan dibicarakan lebih lanjut dengan Pemkab Mojokerto dan Pemprov Jatim.

Pemerintah pusat maupun Pemprov Jatim sangat berkepentingan untuk menjadikan Trowulan sebagai taman cagar budaya situs Majapahit.

Seperti diberitakan, saat ini gencar disuarakan gerakan "Save Trowulan" atau aksi penyelamatan situs Majapahit dari upaya industrialisasi, menyusul akan dibangunnya pabrik baja oleh PT Manunggal Sentral Baja.

Meski sudah mengantongi izin prinsip dari Bupati Mojokerto, rencana pembangunan pabrik baja itu terus mendapatkan penolakan dari kelompok masyarakat karena dinilai mengancam situs Majapahit.

Kawasan situs Majapahit yang diyakini masih banyak menyimpan peninggalan dan pusaka purbakala, saat ini juga dinilai tidak steril, selain banyak pabrik pembuatan batu bata skala kecil maupun besar, di lokasi tersebut semua orang bebas mendirikan bangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com