Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sekitar Lokasi Ledakan Bondowoso Terserang ISPA

Kompas.com - 01/10/2013, 15:27 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


BONDOWOSO, KOMPAS.com - Warga sekitar lokasi kejadian ledakan maut di rumah Serka Agus Suryadi (45) di Gang Malabar, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Kota, Bondowoso, Jawa Timur, mulai terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Pasca-ledakan itu sudah ada sekitar 25 warga yang terserang ISPA. Mereka datang ke posko kesehatan yang kita dirikan untuk memeriksakan kesehatannya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Bondowoso, M Imron, saat dikonfirmasi melalui telepon selelurnya, Selasa (1/10/13).

Mereka yang terserang ISPA disebabkan terlalu banyak menghirup debu, serta asap akibat ledakan kemarin. “Di lokasi banyak debu yang beterbangan, apalagi banyak warga dari berbagai daerah yang datang ke lokasi, sehingga debu semakin banyak," katanya.

Agar penyakit tersebut tidak meluas, tenaga medis dokter dan perawat dari Puskesmas Kota dibantu dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bondowoso, melakukan kunjungan setiap hari ke rumah-rumah warga sekitar yang terkena ledakan.

“Kami setiap hari melakukan kunjungan ke rumah warga, untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan mereka," kata Imron.

Seperti diberitakan sebelumnya, Minggu kemarin, ledakan besar terjadi di rumah Anggota TNI Serka Agus Suryadi, di Gang Malabar Kelurahan Kota Kulon, Bondowoso. Akibat peristiwa itu, Agus tewas di lokasi kejadian, dan tetangganya, Tara (13) juga menjadi korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com