Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

800 Keluarga Pengungsi Rokatenda Direlokasi di Pulau Besar

Kompas.com - 27/09/2013, 11:48 WIB

MAUMERE, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Sikka di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sudah menetapkan kawasan Pulau Besar sebagai lokasi permukiman kembali bagi sekitar 800 keluarga pengungsi akibat letusan Rokatenda di Palue. Bahkan lahan seluas kurang lebih 20 hektar sudah ditata untuk perkampungan bagi 500 keluarga.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Sikka Paulus Nong Susar di Maumere, Kamis (26/9/2013). ”Pilihan relokasi ke Pulau Besar memang masih pro-kontra. Namun survei lembaga berkompeten merekomendasikan pulau ini layak untuk permukiman kembali pengungsi. Di Pulau Besar, para pengungsi dekat dengan pantai untuk melaut, memiliki lahan bertani, punya rumah, dan terbebas dari ancaman letusan gunung api seperti di Palue,” katanya.

Pulau Besar berada di utara Maumare–kota Kabupaten Sikka –kini dihuni sekitar 700 jiwa. Jika bepergian dengan speedboat hanya sekitar 45 menit dari Maumere, atau sekitar 1,5–2 jam dengan perahu motor.

Sejauh ini, Pulau Besar termasuk kawasan konservasi di bawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT atau Kementerian Kehutanan. Menurut Paulus, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BBKSDA. ”Petugas kami turun bersama pihak Balai Koservasi untuk memastikan titik-titik kawasan untuk relokasi itu,” tuturnya.

Pastor Vande Raring SVD dari lembaga sosial karitatif, Caritas Keuskupan Maumere, menilai, pilihan Pulau Besar sangat ideal karena ikut meretas posisi pulau itu yang masih terisolasi. Dikatakan, Uskup Maumere Mgr, Gerulfus Kherubim Pareira SVD sudah sejak lama merekomendasikan, bahkan mendesak Bupati Sikka agar mengawal pembukaan isolasi Pulau Besar dengan menjadikan sebagai permukiman bagi para pengungsi.

”Di Pulau Besar, ketersediaan air tawar cukup, ada empat mata air yang tetap bertahan hingga puncak kemarau. Jika ditata serius, pulau itu cocok jadi obyek wisata, usaha pertanian, dan juga kelautan. Apalagi dibangun jalan melingkari pulau itu,” ujar Vande. (ANS/KOR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com