Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Mengungsi, 50 Warga Lansia "Berebut" Makan dengan Ternak

Kompas.com - 04/09/2013, 14:42 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


MAUMERE, KOMPAS.com — Sebanyak 50 warga lanjut usia (lansia) yang tersebar di sejumlah kampung yang masuk zona merah Gunung Rokatenda, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, saat ini mengalami kelaparan dan terpaksa berebut sisa makanan dengan ternak peliharaan mereka.

Ketua posko terpadu bencana Rokatenda, Romo Yan Faroka, kepada Kompas.com, Rabu (4/9/2013), mengatakan bahwa para lansia tersebut kelaparan lantaran ditinggal pergi mengungsi oleh anak-anak mereka, saat Gunung Rokatenda meletus.

"Saat tim relawan posko terpadu Kampung Awa, Kecamatan Palue, mendatangi warga lansia di Desa Nitunglea, mereka minta beras, air, kopi, dan gula," kata Romo Yan Faroka.

"Nenek Maria Toji (81), Nenek Juli Paju (83), dan Kakek Petrus Pio (84) yang mewakili warga lansia lainnya mengaku (melakukan hal itu) karena tak punya beras. Saat ini mereka hanya makan ubi hutan dan itu pun harus berebutan dengan ternak warga, yakni babi yang dilepas warga yang pergi mengungsi," ungkap Romo Yan.

Romo Yan menjelaskan, warga lansia juga mengeluh karena sebagian besar rumah yang mereka tempati sekarang rusak berat sehingga mereka mengharapkan bantuan terpal. "Saat hujan tiba, mereka kewalahan," kata Romo Yan.

Menurut Romo Yan, berdasarkan data yang dihimpun tim relawan, di Kampung Watupuli dan Natakanda terdapat 28 warga lansia, di Kampung Wu Wawa dan Awa Loo ada 11 orang, dan Kampung Awa Ca 11 orang.

Romo Yan mengatakan, sejumlah relawan yang mendata warga lansia yakni Siprianus Baga dan Fabianus Baga ke Kampung Watupuli dan Natakanda, Abdonsius Bangu dan Aloysius Riba ke Kampung Wu Wawa, serta Awa Loo dan Romo Yan Faroka ke Kampung Awa Ca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com