Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Lebat, Warga Palue Mengungsi ke Sekolah dan Gereja

Kompas.com - 24/08/2013, 22:06 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


MAUMERE, KOMPAS.com
- Ratusan warga Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang tinggal tak jauh dari Gunung Rokatenda, mengungsi ke sejumlah bangunan umum seperti gedung sekolah dan gereja terdekat, Sabtu (24/8/2013).

Mereka mengungsi karena atap rumah mereka bocor saat terjadi hujan deras pada Sabtu malam. Atap rumah itu rusak akibat terkena abu vulkanik ketika Gunung Rokatenda meletus beberapa waktu lalu.

“Hujan saat ini turun sangat lebat. Penduduk yang tidak mengungsi karena berada di zona aman seperti Desa Ladolaka, Tuanggeok, Maluriwua, Reruwairere, Kesokoja dan Lidi, malam ini tidak bisa menikmati tidur dengan nyaman, karena air hujan masuk sampai di dalam kamar-kamar, lantaran atap rumah bocor akibat abu vulkanik pada letusan gunung Rokatenda beberapa waktu lalu,” kata Koordinator Posko bencana Palue, Romo Yan Faroka, Sabtu malam.

Saat ini, kata Romo Yan, warga tidak bisa tidur dan basah sambil berjaga-jaga. "Harapan warga kiranya pemerintah bisa membantu seng untuk atap rumah karena musim hujan hampir tiba,” ungkap Romo Yan.

Romo Yan mengatakan warga yang mengungsi ke bangunan gedung yang aman, termasuk diantaranya adalah anak-anak. "Dengan beralaskan tikar, mereka kini tidur di lantai sekolah dan di gereja dan pastoran, sementar warga Kampung Hokotetu, Desa Kesokoja berlindung di gereja stasi Edo, Kecamatan Palue,” jelas Romo Yan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com