Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Desa di Jember Krisis Air Bersih

Kompas.com - 24/09/2013, 16:36 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Krisis air bersih mulai dirasakan masyarakat di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, tercatat ada 14 desa dan kelurahan yang tersebar di 9 kecamatan mulai mengalami krisi air bersih.

“Data itu berdasarkan laporan dari kepala desa dan lurah yang masuk ke BPBD," jelas Kepala BPBD Jember, Suhanan, Selasa (24/9/13).

Dia menambahkan, mayoritas 14 desa dan kelurahan itu, terletak di dataran tinggi. Sehingga mereka mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

“Lokasi desa dan kelurahan itu tersebar di Kecamatan Patrang, Arjasa, Jelbuk, Panti, Tempurejo, Silo, dan Sumbersari," kata Suhanan.

Untuk mengatasi krisis air bersih itu, BPBD Jember, kata dia, telah menyiapkan sejumlah solusi. Di antaranya dengan mendirikan tandon air bersih, kemudian menyiapkan program pipanisasi air bersih.

“Tim dari BPBD akan turun ke lapangan, untuk melakukan kroscek ulang, berapa kebutuhan air bersih warga. Dengan data itu, BPBD akan bekerjasama dengan PDAM setempat untuk menyalurkan air ke warga," katanya.

Data yang dihimpun Kompas.com, 14 desa dan kelurahan yang mulai mengalami krisis air bersih di antaranya, Sanenrejo, Pakis, Kemiri, Karang Bayat, Gelang, Jatiroto, Silo, Sumbersari, Jumerto, Patrang, Arjasa, Panduman, Suco Pangepok, dan Pakusari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com