Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dada Rosada Tak Hadiri Pelantikan Penggantinya

Kompas.com - 16/09/2013, 08:51 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Dada Rosada dipastikan tak menghadiri pelantikan penggantinya, Senin (16/9/2013). Serah terima jabatan pun kemungkinan akan diwakilkan.

"Pak Dada sepertinya tidak akan datang pada acara pelantikan," kata Kasie Peliputan dan Dokumentasi Dinas komunikasi dan Informatika Kota Bandung Meiwan Kartiwa, Senin pagi.

Hari ini, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung terpilih, Ridwan Kamil dan Oded M Danial, akan dilantik di Gedung DPRD Kota Bandung. Sebelumnya diberitakan, pada 19 Agustus 2013 Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan mengaku telah mengirim surat ke Komisi Pemberantasan Korupsi agar Dada diizinkan menghadiri pelantikan dan serah terima jabatan Wali Kota Bandung.

Namun, sampai beberapa jam menjelang pelantikan, belum ada jawaban didapat dari KPK. Dada merupakan tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial Kota Bandung, dan kini sudah ditahan di Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta.

Kepastian ketidakhadiran Dada, sebelumnya sudah disampaikan kuasa hukum Dad, Abidin. "Bapak Dada tak bisa ke Bandung hadiri serah terima dan pisah sambut karena tak ada izin dari KPK," ujar dia melalui pesan singkat, Minggu (15/9/2013) malam.

Sementara Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda enggan berkomentar atas ketidakhadiran Dada. "Besok serah terima jabatan saya hadir, tapi pisah sambut lihat nanti karena setelah serah terima jabatan saya tidak bisa mewakili Pak Dada," ujar Ayi, Minggu malam.

Pelantikan akan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang sekaligus melantik pejabat baru. Beberapa tokoh negara dan pentinggi partai diperkirakan akan turut hadir dalam pelantikan, termasuk di antara tamu yang mungkin hadir adalah mantan Presiden BJ Habibie dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com