Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokon Kembali Lontarkan Letusan Setinggi 2.500 Meter

Kompas.com - 10/09/2013, 10:37 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara kembali melontarkan debu vulkanis dari letusan yang terjadi pada Selasa (10/9/2013) pagi.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon dan Mahawu, Farid Ruskanda Bina menjelaskan, letusan terjadi pada pukul 6.54 WITA. "Tinggi letusan mencapai 2.500 meter, dengan arah letusan ke Barat Laut karena angin sedang bertiup ke arah sana. Letusan juga disertadi dengan suara gemuruh sedang," kata Farid.

Sebelumnya, pada Senin (9/9/2013) pukul 6.34 WITA Lokon juga meletus dengan melontarkan abu vulkanis setinggi 1.500 meter. Daerah Pineleng, Tateli, Kalasey, Tanawangko pun dihujani abu vulkanis.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon, Eddy Turang mengatakan bahwa Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Tomohon selalu siaga untuk mengantisipasi dampak letusan.

Hingga sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa dan juga evakuasi warga. Tetapi warga tetap diimbau untuk menjauhi daerah dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com