Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Probolinggo Gelar Rekapitulasi Suara

Kompas.com - 02/09/2013, 19:55 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kantor KPU Kota Probolinggo, Jawa Timur, yang sempat diisukan akan dibakar, akhirnya menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot), Senin (2/9/2013). Rapat itu berlangsung aman dan lancar, meskipun sempat diwarnai protes.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sukirman menjelaskan mekanisme tahapan Pilwalkot dari pemungutan suara, penghitungan di KPPS dan rekapitulasi di tingkat PPK hingga tingkat KPU Kota Probolinggo.

Sukirman juga menyinggung kejadian di kantor Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan, pekan lalu, yang berujung pada tindakan anarkistis. Mobil polisi dibakar, mobil dinas KPU rusak setelah digulingkan, dan kantor Kelurahan Mayangan yang dirusak, menjadi bukti kejadian tersebut.

Rekapitulasi di KPU digelar setelah mempertimbangkan situasi dan keamanan. “Kami punya kewajiban menjaga keamanan dokumen dan surat suara di dalam kotak suara, yang merupakan manifestasi suara rakyat dalam Pilwali (pemilihan wali kota),” ujar Sukirman.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad mengapresisasi KPU Kota Probolinggo yang sudah cukup berhasil melaksanakan tahapan Pemilukada. Meski rapat pleno itu diwarnai protes tim sukses pasangan calon yang mempertanyakan legalitas rapat pleno itu karena dalam surat keputusan tidak menyertakan stempel dan tanda tangan, Andry berpendapat rapat pleno tersebut sudah sah sebab dihadiri saksi semua pasangan calon serta Panwaslu. Proses rekapitulasi suara dilakukan dengan terbuka.

Hasil Rekapitulasi Pilwalkot yang digelar KPU, Kamis (29/8/2013) lalu itu diikuti warga di lima kecamatan, yakni Kecamatan Mayangan, Wonoasih, Kademangan, Kanigaran, dan Kedopok.

Pemilihan Wali Kota Probolinggo diikuti empat pasangan calon, yakni Dewi Ratih-As’ad Anshari (Deras), Rukmini-Suhadak (Harus Pas), Zulkfli Cholik-Maksum Subani (Zam-zam) dan Hadi Zainal Abidin-Kusnan (Handalanku).

“Total, pasangan Deras meraih 23.260 suara (17,42 persen), Harus Pas 48.326 (36,19 persen), Zam-zam 41.813 (31,31 persen), dan Handalanku 20.134 (15,08 persen). Total suara sah 133.533 suara, dan tidak sah 4.764 suara,” jelas Sukirman.

Hasil rekapitulasi di lima kecamatan it lalu diteken kelima komisioner KPU dan saksi dari pasangan Harus Pas. Penetapan pasangan calon akan dilakukan pada Selasa (3/9/2013). Rekapitulasi itu selesai sekitar pukul 19.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com