Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Konflik, Kemenag Sulteng Bentuk Agen Perdamaian

Kompas.com - 31/08/2013, 18:48 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com- Eskalasi konflik antarpemuda di wilayah Sulawesi Tengah, khususnya di empat wilayah, yakni Kabupaten Sigi, Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong beberapa bulan terakhir ini cukup tinggi. Penyebabnya sepele, yaitu mulai saling ejek hingga rebutan pacar. Pelaku bentrok pun dari anak muda hingga orangtua.

Untuk mencegah konflik yang berkepanjangan, Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar kegiatan Temu dan Dialog Pelajar Lintas Agama se-Kota Palu, Sabtu (31/8/2013) di Hotel Santika Palu. Tema dialog adalah "Membangun Budaya Rukun Menuju Sulawesi Tengah yang Damai"

Mewakili kepala Kantor Kemenag Sulteng, Abdulah Latopada mengatakan, Kemenag Sulteng merasa berkewajiban untuk memberikan pemahaman bagaimana rukun dan damai itu indah.

"Kita berharap hasil dialog ini bisa diserap oleh para pelajar kita, dan nantinya mereka bisa menjadi agen-agen perdamaian, paling tidak pada lingkungan sekolahnya," kata Abdullah Latopada.

Ia juga berharap para pelajar ini nantinya bisa membawa misi perdamaian di tengah masyarakat. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 100 orang perwakilan dari masing-masing sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com