Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Turun dari Tribun VIP demi Redam Kerusuhan Suporter

Kompas.com - 28/08/2013, 17:37 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menyatakan harus meninggalkan tribun VIP Stadion Maguwoharjo saat terjadi kerusuhan suporter karena merasa terpanggil untuk turun ke bawah demi memberi semangat kepada aparat keamanan dan aparat pertandingan.

"Saya meninggalkan VIP karena merasa terpanggil untuk memberi semangat kepada keamanan dan aparat pertandingan," terang Menpora Roy Suryo saat jumpa pers di stadion Maguwoharjo, Rabu (28/08/2013) sore.

Ia mengaku saat terjadi kerusuhan, sempat diminta untuk meninggalkan stadion, namun ia bersikeras tetap bertahan dan turun ke bawah. Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai upaya agar pertandingan Persija Jakarta melawan Persib Bandung tetap dilanjutkan.

"Ya, terjadi insiden kecil tadi dan saya sesalkan, namun itu sudah bisa diantisipasi oleh pihak keamanan baik dari polisi maupun TNI," tegasnya.

Roy Suryo mengungkapkan bahwa segala kemungkinan terburuk sudah diperihitungkan dan disiapkan antisipasinya. Sebelum digelarnya pertandingan ia telah berkoordinasi dengan Kapolda DIY, Kapolres Sleman dan Bupati Sleman terkait penyelenggaraan pertandingan Persija Jakarta melawan Persib Bandung.

"Saya sudah berkoordinasi dengan segala pihak, di DIY, intinya semua siap membantu menyukseskan," ujarnya.

Ia berharap kedua suporter bisa menjaga keamanan dan perdamaian. Siapapun yang nantinya menang dalam pertandingan, kedua suporter harus bisa menerima, karena memang itulah pertandingan, ada yang menang dan kalah.

"Yogya adalah kota yang istimewa dan terkenal damai, karena itulah pertandingan digelar di sini. Diharapakan perdamaian yang ada bisa menular," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com