Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Penumpang Feri Diturunkan Paksa

Kompas.com - 27/08/2013, 15:36 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Ratusan penumpang kapal feri KM Tanjung Kabat yang hendak berlayar menuju Pulau Buru dari Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon, diturunkan petugas KPLP dibantu personel polisi lantaran jumlahnya yang melebihi kapasitas muat kapal, Selasa (27/8/2013).

Kapal itu berkapasitas hanya 200 penumpang, namun hendak berangkat penumpang yang diangkut mencapai 450 penumpang.

Komandan, KPLP Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon, Yongki Malaiholo kepada Kompas.com, mengatakan, pihaknya terpaksa meminta bantuan aparat kepolisian lantaran para penumpang memaksa tetap berlayar.

“Kita tidak dapat mengatasi mereka makanya kita minta bantuan dari aparat kepolisian untuk menangani para penumpang,” kata Yongki.

Dia mengungkapkan, ratusan penumpang yang telah berada di dalam kapal selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan diturunkan.

”Setelah berpindah ke Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, semua penumpang diturunkan dan kita mempersilakan penumpang yang memiliki tiket saja yang bisa naik. Ini demi keselamatan penumpang juga, apalagi kondisi cuaca laut di perairan Maluku masih sangat ekstrim,” ujarnya.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP Bintang Juliana mengakui pihaknya terpaksa melakukan razia dan menurunkan ratusan penumpang dari atas kapal lantaran jumlah penumpang melebihi kapasitas kapal.

Pihak kepolisian bersama KPLP dan otoritas pelabuhan kemudian berkoordinasi dengan kapal lain untuk mengangkut ratusan penumpang yang diturunkan.

“Kita hanya ingin mengantisipasi jangan sampai sesuatu terjadi lagi. Ini semata-mata demi keselamatan penumpang. Kalau ratusan penumpang lain ya kita koordinasikan dengan kapal lainnya tadi dan mereka sudah berangkat lagi,” jelas Bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com