Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Silakan Berekspresi di Pesta Rakyat Pelantikan

Kompas.com - 22/08/2013, 20:22 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko, Jumat (23/8/2013), diperkirakan bakal dihadiri ribuan warga Jawa Tengah. Meskipun demikian, masyarakat memang tidak akan secara langsung menyaksikan pelantikan yang dimimpin oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Ganjar Pranowo mempersilakan masyarakat menuangkan ekspresi pada panggung yang sudah disediakan di luar gedung. "Ada yang mau jalan kaki dari Banyumas, ada yang mau bersepeda dari Solo, ada yang nyumbang kesenian dari Jepara, Magelang, dan lainnya. Saya persilakan berekspresi karena ada panggungnya juga di luar," ujar Ganjar seusai mengikuti geladi bersih pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Kamis (22/8/2013).

Sebelumnya, ia berencana untuk bersalaman dengan semua masyarakat yang hadir. Namun, karena waktu yang mepet, hal itu tidak memungkinkan untuk dilakukan. Ganjar mengatakan akan tetap menyapa seluruh masyarakat yang hadir.

"Usai pelantikan saya lanjut melantik PKK, jadi sebelumnya bisa menyapa masyarakat, tentu tidak bisa salaman semua ya karena mepet Jumatan juga," ujarnya.

Seusai rangkaian acara, ia berharap bisa bersama-sama masyarakat melaksanakan ibadah shalat Jumat di Masjid Baiturrahman yang berada di dekat kompleks kantor gubernuran. Hal itu, menurutnya, sebagai wujud rasa syukur dan berbaur dengan masyarakat.

Terkait adanya rencana unjuk rasa dari warga Kabupaten Batang yang memprotes pembangunan PLTU, Ganjar pun mempersilakan. "Silakan saja tidak apa-apa, tinggal bilang, 'Mas Ganjar, saya mau demo'. Oke tidak masalah, wong kita dulu juga sering demo," ujarnya.

Pengamanan pada acara pelantikan ini dilakukan oleh 1.600 personel TNI/Polri, 300 anggota Satpol PP, dan 75 orang dari Dinas Perhubungan Provinsi Jateng. Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Dwi Priyatno juga sudah melakukan pengecekan persiapan terakhir pengamanan.

Sistem pengamanan, kata Dwi Priyatno, akan dilakukan secara terbuka dan tertutup serta dibagi dalam tiga bagian, meliputi ring satu, dua, dan tiga.

Ring satu yakni di kompleks dalam gedung DPRD dan ring dua di wilayah parkir kendaraan. Sedangkan pengamanan ring tiga meliputi kawasan sekitar gedung DPRD Jawa Tengah, termasuk lokasi digelarnya pesta rakyat seusai pelantikan. Sebelum pelantikan, kepolisian juga akan melakukan sterilisasi gedung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com