Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Ikan di Batam Melonjak Tajam

Kompas.com - 19/08/2013, 09:59 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Sepekan setelah lebaran, harga aneka bahan pangan di Batam, Kepulauan Riau tidak kunjung turun. Malah harga bahan pangan tertentu seperti ikan semakin melonjak.

Di sejumlah pasar, kakap merah dijual rata-rata Rp 80.000 per kilogram, naik 60 persen dari rata-rata Rp 50.000 per kilogram. Sementara harga ikan kembung naik dari maksimal Rp 25.000 menjadi Rp 35.000.

"Ada ikan-ikan lain yang naiknya hampir 100 persen. Saya bingung juga jelaskan ke langganan," ujar Budi, pedagang di Pasar Penuin, Senin (19/8/2013).

Para pedagang menyebut ada kelangkaan pasokan. Mereka tidak tahu mengapa pasokan berkurang sehingga harga terus naik. "Harga ikan lebih mahal dari daging sapi. Katanya ini daerah kepulauan, laut di mana-mana," ujar seorang pembeli, Ana.

Sejak awal Agustus atau sepekan sebelum lebaran, harga daging sapi rata-rata Rp 120.000 per kilogram. Tidak ada tanda-tanda harga daging sapi segar akan turun, walau lebaran sudah lewat sepekan.  "Kenaikan gaji baru dibahas, harga-harga sudah naik semua," ujar Wina, seorang PNS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com