Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Karnaval, Pukul Satu Siang Ini Pantura Ditutup

Kompas.com - 18/08/2013, 12:17 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Jalan Pantura Kendal, Jawa Tengah, dari arah barat mulai pertigaan Purin, Kendal, mulai jam 13.00 WIB nanti ditutup. Penutupan dilakukan karena ada Karnaval Budaya dalam rangka Hari Jadi Ke-408 Kabupaten Kendal dan HUT Ke-68 RI.

Sementara dari arah timur, penutupan dilakukan di pertigaan Ketapang Kendal. Menurut Kasatlantas Polres Kendal, AKP Imam Zamroni, karena ada penutupan arus, kendaraan yang datang dari arah barat dilewatkan Purin menuju jalan tembus atau jalan Tentara Pelajar, menuju ke Ketapang.

Sementara yang dari arah timur, dilewatkan lewat jalan tembus atau Tentara Pelajar hingga Patebon. “Penutupan dilakukan jam satu siang hingga selesai sekitar jam 18.00 WIB petang. Tapi kita tetap melihat situasi dan kondisi,” kata Imam, Minggu (18/8/2013).

Imam menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan petugas lalu lintas di titik-titik rawan kemacetan. Ia berharap pengguna jalan tertib dan mau mentaati peraturan lalu lintas sehingga tidak terjadi kemacetan.

“Jangan menyalip, terutama di Jalan Tentara Pelajar. Sebab bisa menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Kendal Heri Wasito menambahkan, Karnaval Budaya dimulai sekitar jam 15.00 WIB sore. Namun, peserta sudah berkumpul di lokasi yang ditentukan, yaitu jalan Sukarnoe Hatta, sekitar jam 13.00 WIB siang.

“Soal arus lalu lintas, kami sudah berkoordinasi dengan Lantas Polres Kendal,” katanya.

Heri menjelaskan, karnaval budaya akan melibatkan ratusan seniman dan masyarakat. Karnaval budaya diawali dengan pasukan pembawa bendera dan Pancasila serta panji-panji daerah dan diikuti oleh prajurit wanita yang membawa panah, pasukan kuda serta rombongan Bupati dan Muspida.

Di belakang Bupati dan Muspida, ada sendra tari Ratuning Bawono, dan peserta lainnya. “Tampil juga kelompok kesenian dari lima daerah di Jawa Tengah dan 20 kecamatan di Kabupaten Kendal serta pelajar dan masyarakat umum,” tegasnya,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com