Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval, Dekorator Mobil Hias di Bireuen Dulang Rupiah

Kompas.com - 18/08/2013, 11:16 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com — Perayaan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2013, di Bireuen, Aceh, dimeriahkan dengan acara karnaval yang diikuti ratusan murid sekolah. Peluang itu disikapi antusias oleh perajin kendaraan hias demi mendulang rupiah hingga jutaan.

Kabarnya, untuk satu unit mobil hias biaya dekorasi berkisar antara Rp 1 juta-Rp 2 juta, tergantung sulit atau tidaknya tema yang diusung. Seperti dekorasi rumah adat Aceh dibanderol hingga Rp 2 juta.

“Kalau dekornya tidak terlalu sulit, bisa Rp 1 juta sudah siap pakai,” ujar M Ayub, salah satu dekorator mobil hias, Minggu (18/8/2013).

Ayub mengaku, momen karnaval tahun ini paling meriah dibanding beberapa tahun sebelumnya yang bertepatan dengan Ramadhan sehingga tidak diadakannya karnaval.

Untuk satu mobil hias, Ayub dibantu tiga orang temannya hingga dapat menyelesaikan dekorasi dalam waktu dua hari. Begitupun untuk becak atau sepeda, ia mampu menyelesaikannya dalam waktu setengah hari.

Hal senada diungkapkan Akbar, dekorator yang laris manis pada karnaval tahun ini. Ia mengaku sudah dipesan jauh-jauh hari untuk merias mobil anak TK yang ikut memeriahkan karnaval.

“Sejak minggu kedua puasa saya sudah dihubungi, sehingga lebih banyak persiapan membuat rangka untuk beberapa mobil,” ungkap Akbar.

Akbar menyebutkan, pada momen karnaval tahun ini ia sudah menyanggupi enam mobil yang sebagian besar rangkanya telah selesai sebelum Lebaran kemarin. “Sekarang tinggal diletakkan saja dengan diikat, kalau rangkanya sudah siap sebelumnya,” tambah Akbar.

Akbar mengaku mematok bayaran tergantung tingkat kesulitan, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. “Karena tidak semuanya kita dekorasi, hanya rangka besarnya saja. Untuk hiasan kecil-kecil biasanya dipersiapkan sendiri oleh sekolah,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com