Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Kapal Dimaksimalkan di Lintas Ujung-Kamal

Kompas.com - 06/08/2013, 15:16 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Enam kapal dioperasikan secara maksimal untuk melayani penyeberangan Ujung-Kamal, Jawa Timur, selama sejak H-7 hingga H+7 nanti. Pengaturannya adalah empat unit di antaranya beroperasi siang dan dua unit lainnya beroperasi saat malam hari.

"Selama ini, penyeberangan hanya mengoperasikan empat kapal dari total enam kapal. Terhitung mulai H-30 hingga H+10, semua kapal dioperasikan dari tiga operator (shipping line). Tetapi, pada H-7 hingga H+7, semua kapal akan beroperasi secara maksimal," kata Jazuli, Manajer Usaha PT ASDP Ujung-Kamal Wildan, di Surabaya, Selasa (6/8/2013).

Meskipun jalur menuju Pulau Madura sudah disediakan jembatan Tol Suramadu, pihaknya masih optimistis jumlah penumpang penyeberangan Ujung-Kamal akan mengalami kenaikan sebesar 5 persen.

"Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, penumpukan penumpang akan terjadi pada H-1 hingga H+3. Sebanyak 12.000 penumpang kami prediksi akan memanfaatkan jasa penyeberangan Ujung-Kamal," tambahnya.

Pemicu kenaikan penumpang tahun ini tidak lepas dari masih banyaknya warga yang menyeberang melalui Ujung-Kamal meskipun sudah ada jembatan Suramadu. Kebanyakan mereka adalah warga yang tinggal di kawasan Bangkalan dan Kecamatan Socah, atau warga Surabaya utara yang lokasinya jauh dari jembatan Suramadu.

Seperti diketahui, sejak jembatan Suramadu diresmikan, denyut usaha di pelabuhan berusia ratusan tahun itu seakan berhenti perlahan. Masyarakat lebih memilih melintas di Tol Suramadu dengan pertimbangan efisiensi waktu dan ongkos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com