Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Nusa Kambangan Akan Digelar di Jakarta

Kompas.com - 04/08/2013, 21:57 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Kelautan dan Perikanan siap menggelar Festival dan Pekan Investasi Pulau Nusa Kambangan dan Segara Anakan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, tanggal 22-25 Agustus 2013.

Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rido Batubara, di Jakarta, Minggu (4/8/2013), mengemukakan, penyelenggaraan festival itu selain untuk menarik minat investor, juga mengangkat potensi kawasan tersebut untuk wisata minat khusus, seperti berburu dan ekowisata.

Pulau Nusa Kambangan sebagai salah satu pulau kecil terluar dikenal "angker" sebagai pulau penjara, namun sesungguhnya memiliki potensi wisata alam. Pulau dengan luas sekitar 11.000 ha itu memiliki vegetasi hutan hujan tropis dengan keanekaragaman hayati tinggi.

Pulau itu berdekatan dengan Segara Anakan yang diklaim memiliki vegetasi hutan bakau terbesar di Jawa. Sejauh ini, ujar Rido, sudah ada investor lokal masuk ke Pulau Nusa Kambangan untuk pengembangan budidaya ikan bandeng, pemancingan, dan resor wisata pada total areal 8 hektare.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil KKP Sudirman Saad, mengemukakan, pengembangan investasi di pulau kecil dan terluar sangat potensial karena alamnya cenderung masih terjaga baik, namun kendala infrastruktur menyebabkan belum banyak investasi yang masuk ke kawasan itu.

Terkait itu, KKP telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk penyelenggaraan Festival dan Pekan Investasi Pulau Nusa Kambangan dan Segara Anakan di Kabupaten Cilacap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com