Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Tahun Terpisah, Hasnah Tak Lelah Cari Ayah Kandungnya

Kompas.com - 29/07/2013, 22:07 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Hari-hari Hasnah binti Ahmad (36) seolah terus berbalut gundah. Sejak usia lima tahun, Hasnah tidak pernah bertemu dengan ayah kandungnya. Selama 31 tahun, ia hanya tinggal bersama ibunya.

Hasnah berpisah dengan ayahnya bernama Ahmad Yoko, saat mereka masih menetap di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Beberapa waktu kemudian Hasnah bersama ibunya Sitti merantau ke Malaysia, menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kepergian bocah Hasnah bersama ibu kandungnya saat itu untuk mecari nafkah sebagai buruh perkebunan kelapa sawit. Sejak saat itu hingga hari ini, Hasnah tidak pernah mendapat kabar berita tentang bapaknya.

“Saya mau mencari bapak saya, karena sudah 31 tahun meninggalkan anak dan istrinya. Saya datang dari jauh Malaysia semata-mata hanya ingin melihat apakah bapak masih hidup atau tidak. Kalau masih hidup saya ingin bertemu. Tapi kalau sudah meninggal saya akan cari tahu di mana kuburnya,” tutur Hasna sambil menyeka air matanya, Senin (29/7/2013).

Hasnah datang ke Kendari karena menduga sang ayah berada Provinsi Sulawesi Tenggara. Wanita yang kini sudah memiliki tiga anak ini sangat berharap bisa bertemu dengan Ahmad Yoko yang pernah menikah dengan Ibunya bernama Sitti Binti Sambe pada tahun 1976, di Kabupaten Kolaka.

Menurut Hasnah, berbagai usaha telah dilakukan agar bisa menemukan sang ayah. Mulai dari dari mencari informasi keluarga, tetangga maupun kerabat di Kabupaten Kolaka, hingga membuat pengumuman di berbagai media.

"Saya tak akan pernah menyerah untuk mencari ayah. Sebab saya yakin beliau masih hidup sampai saat ini," ujarnya optimistis.

Hasnah menceritakan, lima tahun yang lalu, suaminya juga pernah ke Indonesia untuk mencari ayah kandungnya. Ada kabar yang menyebutkan sang ayah berada di Kendari dan sudah menikah lagi.

Hasnah bahkan berjanji, apabila bertemu ayahnya dia akan merawat sebagai baktinya kepada orangtuanya. Kini, Hasnah sudah menetap di Malaysia. Ia pun berniat memboyong orangtuanya ke Malaysia, agar bisa lebih dekat dan mudah dirawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com