Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Kabupaten Brebes

Kompas.com - 13/07/2013, 12:08 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

BREBES, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan sekitar 4,7 skala Richter (SR) terjadi di barat daya ibu kota Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (13/7/2013) sekitar pukul 08.00. Hingga saat ini, belum ada laporan tentang kerusakan akibat gempa tersebut.

Laylay Isnaine dari Stasiun Meteorologi Tegal mengatakan, lokasi gempa terletak di sekitar 15 kilometer barat daya Brebes, tepatnya pada 7,06 derajat lintang selatan (LS) dan 108,73 derajat bujur timur (BT). Pusat gempa terjadi di darat, di kedalaman sekitar 10 kilometer.                

Berdasarkan skala modified mercally intensity (MMI), gempa memiliki skala dua hingga tiga. Skala dua berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala MMI tiga berarti getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa yang terjadi pagi tadi dirasakan oleh warga di Kabupaten Brebes. Koordinator Tim SAR Kabupaten Brebes, Adhe Dhanie Raharjo, mengatakan, gempa terasa hingga Kota Brebes. Meski demikian, hingga saat ini, tim SAR belum mendapatkan laporan adanya kerusakan maupun korban yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com