Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Kubur 6 Petani Brebes, 3 Ditemukan Tewas

Kompas.com - 06/02/2013, 19:32 WIB

BREBES, KOMPAS.com -- Enam petani Dukuh Luwung, Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terimbun longsor di lereng bukit kawasan hutan pinus petak 33E RPH Sirampog, Rabu siang (6/2/2013). Tiga di antaranya ditemukan tewas, sedangkan tiga lagi masih dicari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Brebes, Rais Khana mengatakan, para korban yang tertimbun longsor ini merupakan petani yang sedang memanen jagung di ladang yang terletak di bawah lereng bukit kawasan hutan pinus milik Perhutani atau perbukitan Gunung Slamet.

"Saat itu, warga yang menjadi korban itu sedang memanen jagung di lahan yang berada di bawah perbukitan Gunung Slamet," katanya.    

Sebanyak enam korban sudah ditemukan dalam keadaan meninggal, yaitu Rapimah (40), Kasrap (65), dan Sungi (60). Sedangkan lainnya, yakni Sutar (50), Radun (65), dan Taryo (65), masih dalam pencarian tim pencari dan penyelamat (SAR).

Menurut dia, saat longsor terjadi, kondisi di lokasi bencana tidak sedang turun hujan. Namun sebelumnya pada Selasa (5/2/1013) malam, hujan deras mengguyur tebing itu.

"Kemungkinan longsor itu karena hujan deras pada Selasa malam sehingga kondisi tanah di perbukitan terkikis dan akhirnya longsor," katanya.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Brebes, Atmo Tan Sidik mengatakan, proses pencarian dan evakuasi terhadap para korban langsung dilakukan setelah pihak Pemkab mendapat informasi mengenai kejadian itu.

"Kami langsung mengerahkan tim SAR yang dibantu pihak kepolisian, TNI, dan warga melakukan pencarian para korban," katanya.

Ia mengatakan bahwa proses pencarian terhadap para korban dilakukan dengan menggunakan peralatan sederhana, yaitu dengan menyemprotkan air dari mesin pompa dan peralatan seperti cangkul, karena kondisi menuju lokasi yang sulit dilalui alat berat.

"Proses pencarian terhadap korban sempat sempat dihentikan beberapa saat karena di lokasi kejadian turun hujan deras. Yang jelas, tiga korban tewas sudah ditemukan, sedangkan tiga lainnya akan dicari setelah hujan reda," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com