Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Merauke dan Arafura

Kompas.com - 11/07/2013, 07:38 WIB
BIAK, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Frans Kaisepo Kabupaten Biak Numfor, mengeluarkan peringatan badai buruk di perairan laut Merauke, Yos Sudarso, dan bagian timur perairan Arafura. Tinggi gelombang di semua perairan itu pada Kamis (11/7/2013), diperkirakan antara 3 sampai 6 meter.

Tinggi gelombang di perairan laut Merauke dan Yos Sudarso diperkirakan mencapai 3 sampai 3,5 meter. Sementara ketinggian gelombang di bagian timur perairan Arafura dipekirakan antara 4 sampai 6 meter.

Berdasarkan  laporan  BMKG Biak, Kamis,  angin akan bertiup dari arah timur laut hingga tenggara, dengan kecepatan 5 hingga 26 kilometer per jam. Cuaca diramalkan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Perkiraan hujan terjadi pada pagi hingga siang, dengan suhu di kisaran 23-31 derajat Celcius dan kelembaban berkisar 74-79 persen.

Fakfak-Kaimana-Biak

Adapun perkiraan tinggi gelombang di perairan Fakfak-Kaimanan, Samutera Utara Jayapura, dan Agats Amamapare adalah 2 sampai 3 meter. Untuk wilayah Utara Papua, angin bertiup dari arah timur hingga selatan, dengan kecepatan sekitar 5 sampai 20 Knots.

Sementara di perairan selatan Papua, angin bertiup dari arah tenggara hingga selatan. Kecepatan angin di wilayah ini diperkirakan 10 sampai 30 Knots, dan kemungkinan hujan akan turun.

Perairan Biak akan dilintasi angin dengan kecepatan 5 sampai 15 Knots per jam. Ketinggian gelombang hanya 0,5 sampai 1,5 meter.

Perkiraan cuaca dari BMKG Kelas 1 Frans Kaisepo Biak ini berlaku 24 jam, terhitung sejak pukul 07.00 Waktu Indonesia Timur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com