Minggu, 21 Desember 2014

News / Regional

Lima Orang Tewas dalam Gempa di Aceh

Selasa, 2 Juli 2013 | 20:21 WIB
KOMPAS.COM/RAJA UMAR Warga Banda Aceh berhamburan keluar dari rumah atau gedung setelah merasakan guncangan gempa dengan kekuatan 6,2 skala Richter, Selasa (2/7/2013).

Terkait

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Lima warga dilaporkan meninggal dan 25 lainnya menderita luka berat dan ringan akibat tertimbun longsor dan tertimpa reruntuhan bangunan dalam gempa 6,2 SR yang melanda dataran tinggi Gayo, Selasa (2/7/2013) siang. Gempa berpusat di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Wakil Bupati Bener Meriah Rusli M Saleh mengatakan, jumlah tersebut merupakan data sementara. Sementara itu, petugas SAR terus melakukan evakuasi dan pemeriksaan di setiap kecamatan di Bener Meriah.

"Untuk yang luka-luka kini sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Bener Meriah, dan kita juga fokus pada korban luka dan warga yang rumahnya rusak dan runtuh, dengan mencarikan tempat yang aman," kata Rusli, yang dihubungi via telepon, Selasa (2/7/2013) malam.

Selain korban jiwa, Rusli menyebutkan, saat ini terdata 100-an rumah warga dan fasilitas publik seperti masjid rusak berat dan ringan. "Petugas masih terus mendata, dan semoga tidak ada gempa susulan lagi," kata Rusli.

Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah juga sedang menyiapkan bantuan masa panik bagi para warga korban terdampak gempa. Daerah terparah yang mengalami kerusakan adalah Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Kerusakan juga terjadi di Kabupaten Aceh Tengah. Lebih dari 100 rumah warga dan fasilitas publik juga rusak berat, sementara seratusan warga mengalami luka berat dan ringan yang kini sedang ditangani di RSU Datu Beru, Aceh Tengah.

Klik foto-foto ukuran besar tentang gempa Aceh di sini.

Penulis: Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami
Editor : Glori K. Wadrianto