Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung ITB yang Terbakar, Bangunan Tua

Kompas.com - 29/06/2013, 04:30 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kebakaran melanda kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jalan Ganeca, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6/2013) menjelang tengah malam. Gedung yang terbakar adalah bangunan tua.

"Ini gedung belajar Teknik Industri, ini memang gedung tua, jadi mudah terbakar," kata salah satu saksi mata, Joshua (20). Dia adalah mahasiswa jurusan Matematika ITB, yang masih berada di dalam kampus ketika api mulai melalap sekitar pukul 23.30 WIB.

Sebanyak 16 ruangan dari gedung 1.000 meter persegi di kompleks gedung Teknik Industri diketahui kemudian ludes. Di areal seluas 1.000 meter persegi ini kini terpasang garis polisi, setelah api dapat dipadamkan sekitar pukul 01.10 WIB, Sabtu (29/6/2013).

Dugaan awal, hubungan pendek arus listrik menjadi penyebab kebakaran. "Banyak dokumen dan peralatan elektronik, komputer dan lainnya, ludes tak tersisa," kata Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Bandung Rahmat Hidayat kepada Kompas.com di lokasi kejadian, Sabtu (29/6/2013) dini hari.

Kerugian diperkirakan miliaran rupiah, mengingat nyaris tak ada yang bisa diselamatkan dari bangunan yang terbakar. Api baru dapat dipadamkan setelah tak kurang dari 10 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com