Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, 100 Rumah di Bogor Terendam Banjir

Kompas.com - 10/07/2017, 05:34 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Sekitar100 rumah terendam banjir setinggi satu meter di Kampung Bantarjati Kaum, RT 5 RW 10, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (9/7/2017).

Banjir dipicu hujan deras sejak sore hingga malam yang mengakibatkan tebing setinggi 7 meter longsor. Akibatnya, aliran air Sungai Cibagolo meluap dan merendam rumah warga di sana.

Salah satu warga yang terdampak banjir, Sudrajat (40) mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Sudrajat menuturkan, banjir sempat surut, namun tak berselang lama banjir kembali terjadi.

"Banjir sempat surut, tapi terus banjir lagi akibat longsor di tebing. Ada sekitar 100 rumah yang kena banjir," ucap Sudrajat.

(Baca juga: Banjir di Kabupaten Buru, Seorang Warga Tewas)

 

Ia menambahkan, warga sudah menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor. Namun hingga malam hari, belum ada satu pun petugas yang datang ke lokasi.

"Ketinggian air yang masuk ke rumah warga setinggi satu meter. Pak RW sudah menghubungi BPBD dan Wali Kota Bogor, tapi belum ada yang datang," katanya.

Sementara itu, Ketua RW setempat, Hamdani mengaku, daerahnya kerap mengalami banjir jika hujan deras turun. Pemicunya, Sungai Cibagolo sudah sangat dangkal sehingga diperlukan normalisasi.

"Tadi bersama-sama warga membuka jalur yang menghambat Sungai Cibagolo dengan alat seadanya," tuturnya seraya mengatakan warga diminta untuk mengungsi ke tempat aman. 

Kompas TV Banjir Ganggu Layanan Rumah Sakit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com