Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Bandung Bakal Punya Rumah Sakit Khusus Warga Tak Mampu

Kompas.com - 13/06/2017, 19:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung bakal membangun rumah sakit modern yang khusus melayani masyarakat kurang mampu. Rumah sakit itu akan diberi nama Mayapada Hospital Bandung.

Sesuai namanya, rumah sakit itu akan menggunakan bangunan bekas Bank Mayapada di Jalan Sudirman, Kota Bandung. Mayapada Grup pula yang berpihak sebagai investor.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, ide pembangunan rumah sakit khusus warga tidak mampu itu berawal ketika komplain pelayanan kesehatan peserta BPJS dari kalangan kurang mampu kian sering terdengar.

Setelah menjalin komunikasi, Ridwan sukses meyakinkan bos Mayapada, Tahir, untuk berinvestasi di Bandung dengan membangun rumah sakit di gedung milik Mayapada Grup.

"Alhamdulilah ada satu Pak Tahir, adalah filantropi Indonesia, punya gedung Mayapada yang belasan tahun nganggur karena membuat perkantoran di jalan itu kurang pas sebenarnya secara ekonomi itu mah daerah dagang. Kemudian bersepakat dijadikan rumah sakit," ucap Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (13/6/2017).

(Baca juga: Tak Ada Ambulans, Seorang Ibu Ditandu Sejauh 9 Km ke Rumah Sakit)

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Emil itu meminta agar rumah sakit itu memprioritaskan masyarakat kurang mampu karena di Bandung sudah banyak rumah sakit bagi warga kelas menengah atas.

"Cuma jangan (kelas) menengah atas lagi itu mah sudah ter-cover oleh rumah sakit di Kota Bandung. Yang dibutuhkan menengah ke bawah, jadi bersepakat akan mengkonversi dan mengetes lima tahun pertama untuk masyarakat menengah ke bawah difasilitasi BPJS kalau ornag miskin tetap difasilitasi dari pemerintah," ungkapnya.

Pihak Mayapada, lanjut Emil, meminta waktu sembilan bulan untuk merenovasi gedung itu. Jika tak ada halangan, rumah sakit itu bisa dioperasikan pada Juli 2018.

"Tentu prioritas untuk warga Bandung, tapi (warga) di luar boleh-boleh saja, sesama manusia kan. Mereka bilang beri waktu 9 bulan untuk merenovasi kantor yang blang blong kosong untuk menjadi ruang rawat inap, emergency, klinik, dan lain sebagainya. Janji Juni atau Juli 2018 bisa dimanfaatkan. Namanya Mayapada Hospital Bandung," tutur Emil. 

 

Kompas TV Korban Perampokan Ditembak dari Jarak Dekat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com