Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Padam 1 Jam Saat UN di Ambon, Siswa Kesal

Kompas.com - 11/04/2017, 14:52 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari kedua di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Ambon mengalami gangguan menyusul adanya pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Ambon, Selasa (11/4/2017).

Pemadaman listrik yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIT itu berlangsung kurang lebih 1 jam di saat peserta UN sedang melaksanakan ujian dengan menggunakan komputer.

Karena masalah tersebut, peserta UN di sejumlah sekolah terpaksa menunda UN hingga listrik kembali menyala.

“Listrik padam sekitar 1 jam dan itu menyebabkan ujian sesi kedua menjadi terganggu,” kata Humas SMA Negeri 1 Ambon, Rombuty kepada wartawan, Selasa (11/4/2017).

Dia menyebutkan, pihak sekolah akhirnya mengundur pelaksanaan UN sesi kedua hingga 1 jam sampai listrik kembali menyala. Menurut dia penundaan UN terpaksa dilakukan sebab akses internet ke server Kemendiknas langsung tidak bisa terhubung.

“Kami terpaksa menunda pelaksanaan UN karena akses internet ke server Kemendiknas mati, tadi penundaan dilakukan selama 1 jam,” ujarnya.

Sementara di sekolah lainnya, kondisi yang sama juga menyebabkan para peserta UN terpaksa keluar untuk sementara dari dalam ruangan kelas, sambil menunggu listrik kembali menyala.

Salah seorang siswa mengaku kesal karena pemadaman listrik tersebut membuat UN yang mereka hadapi menjadi terganggu.

“Ya kita dirugikan, apalagi saat ini sednag UN dan lampu tiba-tiba padam, ini sangat tidak nyaman sekali,” kata SP salah seorang siswa SMA Negeri 2 Ambon saat dihubungi wartawan.

Sebelumnya pihak PLN wilayah Maluku dan Maluku Utara telah menjamin tidak akan terjadi pemadaman selama UNBK berlangsung. Namun ternyata pemadaman tetap terjadi di saat berlangsungnya UN di Kota Ambon.

Terkait pemadaman listrik yang terjadi itu, Humas PLN wilayah Maluku dan Maluku Utara yang dikonfirmasi Kompas.com belum menjawab panggilan telepon.

Baca juga: Ada Perasaan Sedih Ikuti Ujian di Lapas...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com