Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend", Lava Tour Gunung Merapi Diserbu Wisatawan.

Kompas.com - 12/12/2016, 19:04 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com - Libur panjang, destinasi wisata Lava Tour Gunung Merapi diserbu wisatawan, dengan jumlah pengunjung naik hingga tiga kali lipat dari hari biasanya.

"Sejak seminggu kemarin kunjungan wisatawan ke Lava Tour sudah mengalami peningkatan," ujar Eko Budianto, salah satu pengelola penyewaan trail Belantara Adventure Objek wisata Lava Tour Gunung Merapi saat dihubungi, Senin (12/12/2016).

Eko menuturkan, kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Lava Tour semakin meningkat saat hari Sabtu (10/12/2016) dan Minggu (11/12/2016). Saking banyaknya, wisatawan harus mengantri untuk mendapat giliran sewa mobil adventure.

"Wisatawan mengambil jalur pendek, medium maupun long trip," kata Eko.

Meski kunjungan wisatawan mengalami peningkatan cukup signifikan, namun tarif untuk menyewa mobil adventure dan motor trail tidak dinaikkan. Harga tetap sama dengan hari biasanya.

"Tarif tidak naik, tetap sama. Peningkatan kunjungan wisatawan ini mungkin akan terus terjadi sampai akhir tahun," tegasnya.

Sementara itu, Basuki salah satu Pemandu Wisata di Yogyakarta mengaku pada hari Minggu sudah membawa beberapa wisatawan ke Lava Tour Gunung Merapi untuk berkeliling. Namun karena harus mengantri akhirnya klienya meminta untuk ke destinasi lain terlebih dulu.

"Kemarin harus ngantri dua jam, Tamu saya cancel. Lalu balik lagi hari ini," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com