Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Pahlawan Masa Kini, Mereka yang Tak Korupsi dan Ikut Berantas Pungli

Kompas.com - 10/11/2016, 16:56 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pahlawan pada masa ini adalah mereka yang tidak korupsi dan ikut memberantas pungutan liar.

“Pemerintah yang tidak korupsi dan menghajar habis pungli. Kalau itu bisa dilakukan, maka pahlawan kita bisa tersenyum, kalau enggak ya menangis,” kata Ganjar ketika diminta menerjemahkan makna pahlawan saat peringatan 10 November di Cilacap, Kamis (10/11/2016).

Para pahlawan nasional patut dijadikan teladan atas kiprah dan kerja keras yang selama ini dilakukannya memperjuangkan Indonesia. Pahlawan rela mengorbankan nyawanya. Oleh karena itu, tugas bersama saat ini meneruskan cita-cita para pendiri bangsa.

Dia mencontohkan, sejahtera misalnya harus dimaknai bahwa semua anak bisa sekolah secara cukup. Dalam hal layanan harus bisa dilakukan secara mudah, murah, cepat, serta akuntabel.

“Saya terjemahkan layanan seperti itu. Akuntabel, transparan, tidak korupsi, tidak terima gratifiaksi, dan bisa tersenyum,” tambah mantan anggota DPR RI ini.

Makna hari kepahlawanan, lanjut dia, penting agar masyarakat bisa merasakan nilai kepahlawanan. Ganjar menekankan bahwa negara harus bisa hadir memberi aura kepahlawanan di tengah masyarakat.

“Kepahlawanan di era kekinian dengan inovasi agar semuanya bisa memberikan layanan yang baik,” tambahnya.

Seusai upacara di Alun-alun Cilacap, Ganjar memimpin kerja bakti bersih-bersih pantai Teluk Penyu. Kerja bakti untuk membuat pantai bersih, lanjut dia, selain akan elok dipandang, juga bakal menggairahkan wisata setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com