Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tantangan Santri Saat Ini, Jihad Lawan Terorisme, Kemiskinan, Juga Narkoba"

Kompas.com - 22/10/2016, 09:48 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan santri menggelar upacara memperingati Hari Santri 2016 di lapangan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (22/10/2016).

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Mutawakkil 'Alallah, selaku inspektur upacara Hari Santri, dalam kesempatan itu, membacakan amanah Pengurus Besar Nahdatul Ulama, yang menegaskan peran kaum santri dalam perjuangan melawan penjajah untuk merebut NKRI.

"Melalui Resolusi Jihad yang diserukan KH Hasyim Asy'ari saat itu, kaum santri memiliki kontribusi penting dalam pertempuran 10 Nopember di Surabaya," katanya.

Tantangan kaum santri di era saat ini, lanjut Mutawakkil, juga jihad.

"Namun, jihad melawan radikalisme dan terorisme yang mengancam kedaulatan negara, jihad melawan kemiskinan dan kebodohan untuk kesejahteraan rakyat dan jihad melawan narkoba yang merupakan musuh dan penyakit serius bagi bangsa," ungkapnya.

Dalam upacara ini, sebagian besar petugas dan peserta upacara mengenakan sarung sebagai atribut santri, dari inspektur upacara, tamu undangan, hingga pembaca teks ikrar santri dan teks Resolusi Jihad.

Selain mengenakan sarung, mereka juga mengenakan baju serba putih dan berkopiah. Hanya komandan upacara yang mengenakan atribut banser.

Upacara diikuti ribuan santri dari berbagai institusi pendidikan Islam di Surabaya dan sekitarnya, seperti Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, dan Pasuruan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com