Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Santri, 1.000 Siswa Madrasah Pungut Sampah di Pantura

Kompas.com - 21/10/2016, 22:45 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Banyak cara Memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada Sabtu (22/10/2016). Sebanyak 1.026 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Brebes, Jawa Tengah, melakukan kegiatan yang unik, yaitu membersikah jalan dari sampah.

Mereka berjalan dari sekolahnya di Jalan Yos Sudarso, Jalur Pantura Jalan Ahmad Yani hingga kembali ke sekolahnya sepanjang 3 km sambil membawa alat kebersihan seperti sapu dan kantong plastik.

Tidak ada satupun sampah yang luput dari para siswa dan siswi MAN 1 Brebes. Mereka mengambilnya dan langsung memasukkannnya ke kantong plastik.

"Senang aja sih bisa memperingan beban para penyapu jalan," kata Reflin siswi kelas XI MAN Brebes, Jumat (21/10/2016).

Tobari, Kepala sekolah MAN 1 Brebes mengatakan, selain kegiatan menyapu jalan dalam rangka memperingati hari santri, pihaknya juga membersihkan sarana ibadah dan pendidikan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

"Kegiatan ini untuk kebersihan lingkungan, bahwa apabila bersih dimulai dari kondisi lingkungan, pasti bersih jiwanya. Dengan kebersihan Insya Allah mereka menjadi santri yang jujur," kata dia.

Sebelumnya untuk menyambut Hari Santri Nasional, siswa dan guru juga menggelar istigasah, melantunkan solawat nariyah sebanyak 14.000 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com