Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendung Katulampa Siaga III, Jakarta Waspada Banjir

Kompas.com - 10/10/2016, 17:17 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Guyuran hujan sejak siang hingga sore ini membuat ketinggian muka air di Bendung Katulampa Bogor mencapai 130 sentimeter atau berstatus siaga III.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, ketinggian air awalnya masih berada di titik 40 sentemeter atau status normal pada pukul 13.30 WIB. Kemudian, tinggi air naik menjadi 100 sentimeter, dan hingga pukul 16.00 WIB naik menjadi 130 sentimeter atau berstatus siaga III.

"Kenaikan volume air terjadi secara bertahap. Hingga pukul 4 sore ini mencapai 130 sentimeter atau siaga III banjir Jakarta," ucap Andi, Senin (10/10/2016).

Andi menambahkan, sedikitnya ada 200.000 liter air per detiknya di Sungai Ciliwung melewati Bendung Katulampa. Diperkirakan, air akan sampai ke Jakarta dalam waktu 9 jam ke depan.

"Saat ini cuaca di kawasan hulu Ciliwung (Puncak) masih diguyur hujan deras. Kita terus koordinasi dengan BMKG dan pintu air lainnya untuk memantau ketinggian air," kata Andi.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, cuaca di Jabodetabek pada Senin (10/10/2016) akan didominasi hujan. Menurut BMKG, hujan akan turun dengan intensitas ringan hingga deras.

Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG, www.bmkg.go.id, sebagian besar wilayah Jabodetabek akan diguyur hujan ringan. BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan deras yang disertai angin kencang di Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor.

Kondisi tersebut akan berlangsung pada malam hari nanti. Adapun suhu udara di Jakarta diperkirakan pada 25-28 derajat selsius dengan kelembaban 80-95 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com