Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemalsu Kartu BPJS di Cimahi Berkaitan dengan Pelaku di Bandung

Kompas.com - 28/07/2016, 16:56 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Polres Cimahi Ajun Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi menyebutkan, para pelaku pemalsu kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di wilayah hukum Polres Cimahi berkaitan dengan pelaku yang ditangkap di Polres Bandung.

"Tersangka (di Cimahi) sudah dua. Ini sindikat penipuan, kemungkinan masih banyak (pelaku). Ada keterkaitan dengan pelaku di Kabupaten Bandung, faktanya ada. Terlihat perkaranya seperti terpisah, tapi tetap sinergi," kata Ade di Mapolres Cimahi, Kamis (28/7/2016).

Menurut Ade, komplotan tersebut sangat terorganisasi. Selain berlindung dalam naungan lembaga swadaya masyarakat, para pelaku pun punya surat tugas pembagian wilayah.

"Kita masih cek lembaganya di mana saja. Dia bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan," ujarnya.

Untuk mengusut perkara pemalsu kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), polisi membentuk tim khusus.

Selain di Cimahi, aparat Polres Bandung juga mengamankan seorang pemalsu kartu BPJS bernama Desi Dwiyani warga Kampung Kananga, Arjasari, Kabupaten Bandung, Selasa (26/7/2016).

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, pelaku merupakan satu jaringan bersama pelaku di Kota Cimahi yang bernaung di LSM Rumah Peduli Dhuafa.

(Baca juga Kapolda Jabar: Pelaku BPJS Palsu Tergolong Sindikat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com