Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warganya Meninggal karena Ditolak RS, Ridwan Kamil Panggil Dirut RS Se-Bandung

Kompas.com - 18/05/2016, 21:02 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Selasa (18/5/2016) malam mengumpulkan semua direktur rumah sakit se-Bandung di Pendopo Kota Bandung. Kepada para pejabat rumah sakit, dia menekankan agar tak ada lagi kasus penelantaran pasien.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil terkait adanya dua warga Bandung yang meninggal akibat ditolak pihak rumah sakit.

"Karena dua bulan lalu ada dua warga saya meninggal dunia karena ditolak rumah sakit. Dalam proses menunggu ditolak itu mereka meninggal. Jadi saya sampaikan kekecewaan saya kepada para direktur untuk mencari upaya," kata Emil di Best Western Premier Hotel La Grande, Jalan Merdeka, Rabu (18/5/2016).

Dia menekankan kepada para direktur rumah sakit agar memperhatikan para pasien tidak mampu. Emil pun mengusulkan agar tiap rumah sakit mempunyai program visiting dokter.

"Jadi kalau ada yang sakit, jangan si sakit ke rumah sakit. Tolong ada 1-2 dokter yang mendatangi dulu ke rumah si orang sakit. Kalau tidak perlu ke rumah sakit, jangan ke rumah sakit. Nah, ini inovasi baru. Saya bilang kalau ngandelin Dinkes, enggak cukup dokternya," ucap Emil.

Dia menyarankan agar program visiting dokter jadi bagian dalam pemberian dana CSR kepada masyarakat.

"Maka, kepada 30-an direktur itu saya minta CSR-nya salah satunya kirim dokter di program visiting dokter. Mereka belum merespons, baru harapan saya," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com