Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Pelaku Pemerkosa Gadis Manado Diduga Anggota Sindikat

Kompas.com - 08/05/2016, 12:36 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Provinsi Sulawesi Utara sudah mengantongi nama-nama tersangka pemerkosaan terhadap SC (19), gadis asal Manado.

SC diperkosa 15 orang di Bolaang Mongondow Utara hingga korban mengalami gangguan jiwa.

Baca juga: Gadis Manado Diperkosa 15 Pria hingga Korban Linglung

"Mereka (para pelaku) ada sindikat. Ini pasti bukan yang pertama dan tentu mereka akan cari mangsa lain," kata Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Prof dr Vennetia Ryckerens Danes dalam konferensi pers di Swiss-belHotel Maleosan Manado, Jalan Jalan Sudirman Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (7/5/2016).

"Saya akan kejar mereka sampai ketemu, ini orang besar, kalau orang biasa pasti sudah lama ditangkap," kata wanita asal Manado yang kental berdialek Manado ini.

Vennetia mengaku sudah mengantongi nama-nama tersangka.

Korban asal Kota Manado ini awalnya dijemput dua teman dekatnya berjenis kelamin perempuan dengan menggunakan kendaraan yang dikendarai pria yang tak dikenal SC pada 24 Januari lalu.

Mereka kemudian menuju ke Bolmut. Sebelum diperkosa 15 pria, SC sendiri dicekoki narkoba hingga tak sadarkan diri. Setelah tak sadar, korban diperkosa selama berhari-hari.

Setelah itu, SC kembali dipulangkan oleh teman perempuannya yang mengajaknya pertama kali dan merupakan teman sekampung korban.

Menurut Kepala BPPPA Sulut Ir Erny Tumundo, berdasarkan laporan jejaring mereka, ada dua fenomena langka juga yang terjadi di Sulut, antara di Kabupaten Minut dan Bolmut.

"Di Minut, ada sebuah sekolah yang 23 murid perempuannya hamil. Tak kalah juga di Bolmut, ada kelompok pelajar membentuk geng yang paling banyak berhubungan dengan siswi perawan, menjadi kepala geng," kata dia. Namun, hal itu masih perlu diklarifikasi.

Beberapa langkah yang akan mereka lakukan untuk meminimalisasi hal ini antara lain turun ke lokasi yang dimaksud bersama advokasi dan tim lakukan pembentukan kelompok peduli sahabat.

"Nanti jadi perpanjangan tangan dari kami sehingga kalau ada masalah, yang kami utamakan adalah pencegahan, dan diharapkan bisa masuk ke keluarga-keluarga," kata Erny.

Kemudian, rombongan BPPA menuju ke rumah SC di Kecamatan Wenang, Manado.

Mereka sempat melihat beberapa foto SC yang merupakan sosok cantik itu. Kini, korban sedang berada di Ternate menjalani pemulihan akibat gangguan jiwa. (Alexander Pattyranie/ Tribun Manado)

 

Berita ini sudah tayang di Tribun Manado, 8 Mei 2016 dengan judul Gadis Manado yang Dirudapaksa Belasan Orang Itu Mengalami Gangguan Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com