Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru, Tiket KA Ludes

Kompas.com - 23/12/2015, 15:51 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Tiket kereta api pada musim libur Natal dan Tahun Baru ludes terjual, terutama untuk jalur pemberangkatan Bandung ke wilayah timur, seperti Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Kutoarjo.

"Benar, tiket keberangkatan dari Bandung ke arah timur, hingga 28 Desember 2015, habis terjual. Yang masih tersedia adalah keberangkatan pada 29 Desember 2015-3 Januari 2016," ujar Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Zunerfin, Rabu (23/12/2015).

Zunerfin menjelaskan, tiket yang terjual 100 persen tidak hanya untuk kelas bisnis ataupun eksekutif, seperti Lodaya dan Harina. Namun, tiket ekonomi dengan keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pun ludes terjual.

Pihaknya menjamin bahwa semua penumpang memperoleh tempat duduk. Sebab, pihaknya memberlakukan load factor 100 persen pada setiap gerbong.

"Pada momen Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, kami menyiapkan 70 keberangkatan dan sekitar 5.000 tempat duduk setiap harinya," ucapnya.

Meski demikian, pihaknya berupaya mengakomodasi kebutuhan para penumpang pada momen akhir tahun ini, yakni dengan menyiapkan satu rangkaian KA tambahan. Misalnya, mereka mengoperasikan KA Lodaya malam tambahan jurusan Bandung-Solo dan sebaliknya pada 22-25 Desember 2015.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," imbuhnya.

Adapun untuk menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan, selama libur Natal-Tahun Baru, pihaknya memberlakukan pembatasan barang bawaan (bagasi) yang bisa dibawa penumpang ke dalam gerbong.

"Penumpang dipersilakan membawa barang berbobot maksimal 20 kg. Jika lebih, kami sarankan melakukan pengiriman melalui bagasi khusus," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com