Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Pertamina Bocor, Minyak Mentah Menyembur Setinggi 10 Meter

Kompas.com - 12/12/2015, 18:15 WIB
MUARAENIM, KOMPAS.com - Pipa minyak milik Pertamina Stasiun Ubep Limau yang terletak di Desa Simpang Tanjung, Kecamatan Belimbing, Muaraenim, Sumatera Selatan, bocor dan menyemburkan minyak mentah.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, kebocoran pipa minyak tersebut akibat terjadi kelalaian saat pengerjaan proyek gorong-gorong di jalan lintas Sumatera.

Pada saat pengerjaan,  Sabtu (12/12/2015) sekitar pukul 11.00 WIB, sebuah alat berat jenis ekskavator yang dioperasikan pekerja PT Surya Prima Abadi Cabang Prabumulih mengenai pipa.

Pekerja tak menyadari bahwa di dalam tanah ada perlintasan pipa minyak milik Pertamina. Akibatnya, pipa berisi minyak mentah bocor dan muncrat ke udara bak air mancur setinggi sekitar 10 meter.

Meski tidak ada korban jiwa, insiden tersebut sempat membuat para pengguna jalan ketakutan dan khawatir akan meledak dan sebagainya sebab tumpahan minyak sempat menggenangi jalan.

Melihat hal tersebut, warga melaporkan ke pihak berwajib dan diteruskan ke Pertamina Ubep Limau, untuk segera menghentikan aliran minyak mentah.

Setelah jalur ditutup oleh pihak Pertamina Ubep Limau, barulah semburan minyak bisa dihentikan.

Sementara itu, Kepolisian Resor Muaraenim sudah mengamankan lokasi dengan memberikan garis polisi. Selain itu, pihak kepolisian pun sudah memeriksa operator dan saksi-saksi guna pemeriksaan lebih lanjut. (Ardani Zuhri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com