Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Jelang Lebaran, Antrean Kendaraan 8 Km di Pintu Tol Palimanan

Kompas.com - 16/07/2015, 08:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


SUBANG, KOMPAS.com - 
Sehari jelang Lebaran 1436 H, kondisi lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau lancar. Kepadatan arus kendaraan hanya terjadi 8 kilometer jelang pintu Tol Palimanan.

Dalam pantauan Kompas.com di ruang Traffic Monitoring Center PT Lintas Marga Sedaya (LMS), kepadatan terjadi sejak kilometer 180. Arus kendaraan yang didominasi mobil pribadi berlangsung pada pukul 07.45 WIB.

Sementara itu, di Pintu Tol Cikopo, kondisi lalu lintas dalam kondisi normal. Antrean kendaraan hanya sepanjang 100 meter. 

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat, AKBP Asep Pujiyono, mengatakan, situasi di lapangan dilaporkan lancar. Pengemudi mengendarai kendaraannya dalam kecepatan wajar dan masih dalam batas toleransi.

"Kepadatan hanya di titik menuju pintu Tol Palimanan. Sementara di 'rest area' atau tempat istirahat (TI) belum dipenuhi pemudik. Semua masih lancar terkendali," ujar Asep kepada Kompas.com, Kamis (16/7/2015).

Antusias

Kendati sempat terjadi antrean panjang yang mengular hingga 42 kilometer pada Rabu sore (15/7/2015) pukul 16.00-17.00 WIB, namun para pemudik tetap memilih opsi melanjutkan perjalanan melintasi Tol Cipali dan Palimanan-Kanci (Palikanci).

"Padahal ada jalur alternatif di Simpang Susun Sumberjaya atau Km 175 yang bisa mereka manfaatkan untuk melalui jalur alternatif. Namun hanya satu dua kendaraan yang memilih melalui jalur alternatif. Ini menandakan masyarakat sangat antusias melintasi Tol Cipali," ujar Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto.

Tak hanya itu, menurut Hudaya, masyarakat juga menjadikan mudik melalui tol terpanjang di Indonesia ini sebagai wahana hiburan karena menawarkan suasana baru.

"Mereka memanfaatkan tempat istirahat untuk beristirahat, menggelar tikar, dan ambil foto 'selfie'," tandas Hudaya.


Berikut video antrean pemudik di Tol Cipali dan Palikanci pada Rabu (15/7/2015): 

Kompas Video Antrean Kendaraan Pemudik di Tol Cipalikanci
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com