Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNP2TKI Imbau TKI Tidak Mudik via Jalur Tikus

Kompas.com - 08/07/2015, 21:34 WIB
KENDAL, KOMPAs.com - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengimbau para TKI, terutama dari Malaysia,  yang hendak mudik agar tidak melalui jalur tikus. Mereka mudik diwajibkan melalui pintu Imigrasi.

"Saya titip pesan sama keluarga ibu-ibu yang kerja di Malaysia, kalau mudik kasih tahu agar lewat jalan yang bener, jangan lewat jalan tikus, karena bisa tidak aman, akan berdampak hukum dengan pihak berwajib di Malaysia," kata Nusron melalui siaran pers, Rabu (8/7/2015).

Hal itu dikatakan Nusron di sela Safari Ramadhan Tahun 2015 di Ponpes Wasilatul Huda di Desa Taman Gede, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jateng, Rabu. Di desa tersebut, 80 persen warganya menjadi TKI di luar negeri.

Dalam safari itu,  Nusron kembali menyambangi sekitar 2.500 keluarga TKI sambil membagikan  minyak goreng dan mushaf Al Quran. Minyak goreng yang dibawa sebanyak 5.000 liter dan 200 mushaf Al Quran bantuan dari PT Sinar Mas.

Nusron mengatakan, belakangan ini banyak TKI dari Malaysia yang memaksakan diri mudik menggunakan perahu kecil dan sangat rawan tingkat keselamatannya.

"Selain masalah nyawa yang tidak aman. Nanti kalau balik lagi ke Malaysia juga susah, sebab dianggap pelarian karena tidak tercatat di imigrasi," ujarnya.

Karena itu, Nusron meminta tolong sama keluarga TKI yang di Indonesia agar ikut membantu pemerintah memberitahu kepada keluarganya yang menjadi TKI jika hendak mudik agar lewat imigrasi.

"Kasih tahu bu sama suami dan anaknya kalau pas kontak, jangan percaya calo yang menjanjikan mudik lebih murah, tapi tidak aman. Naik kapal kecil nanti malah tenggelam kapalnya. Nanti anak atau suamimu Ibu bisa hilang," ujarnya.

Jalur mudik ilegal yang sangat membahayakan, lanjut Nusron, biasanya menggunakan kapal kecil melalui daratan laut di kawasan Nunukan, Kaltim, Pangkal Pinang dan Batam di Kepri.

"Sebenarnya petugas keamanan baik Indonesia dan Malaysia, sudah menjaga. Cuma namanya orang nekat kita tidak ada yang tahu. Ada saja akal dan jalannya," ungkapnya

Berdasarkan catatan BNP2TKI, pekan lalu banyak sekali TKI Indonesia yang hendak mudik terpaksa diciduk dan diamankan petugas Imigrasi Malaysia karena mencoba keluar melalui jalur ilegal. Hingga saat ini sebagian masih ditahan petugas imigrasi.

"Kita akan perjuangkan agar teman-teman kita bisa mudik semua dengan aman dan selamat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com