Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 30 Miliar untuk Penataan Perkampungan Kumuh di Solo

Kompas.com - 29/01/2015, 16:49 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Imam Ernawi, mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya akan terus mendorong penataan perkampungan kumuh di sekitar Kali Pepe Solo dan pembangunan infrastruktur lainnya dengan mengucurkan bantuan dana sebesar Rp 30 miliar.

Hal ini disampaikan Imam di sela-sela meninjau pembangunan rumah renteng di pinggiran Kali Pepe, Solo, Kamis (29/1/2015).

Imam menuturkan, dana yang disediakan dari APBN tahun ini nantinya akan digunakan untuk penataan kampung kumuh di sekitar Kali Pepe, di antaranya untuk pembangunan rumah renteng, jalan lingkungan dan Balai kambang.

"Ya saya berharap dengan penggelontoran dana ini, pembangunan insfrastruktur di sini juga bisa baik, termasuk untuk mewujudkan wisata air di Kali Pepe bisa cepat terlaksana," katanya.

Imam mengatakan, selain itu pihaknya juga akan membantu untuk mewujudkan Solo sebagai kota pusaka.

"Ya nanti dari Dirjen Cipta Karya akan ikut membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk melakukan penataan," ungkapnya.

Menurut Imam, penataan itu bisa dilakukan dari Pura Mangkunegaran atau Keraton Kasunanan Surakarta.

"Di Solo ini kan kota tua maka banyak peninggalan-peninggalan budaya yang harus ditata kembali agar lebih menarik dan sekaligus dalam pelestarian," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, dengan adanya bantuan dana dari pemerintah pusat, diharapkan penataan perkampungan kumuh di sekitar Kali Pepe dan pembangunan insfrastruktur bisa rampung lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com