Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing-anjing Dimangsa Harimau, Warga Mengungsi

Kompas.com - 11/01/2015, 18:26 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Anjing-anjing milik warga Desa Air Jelatang, perkebunan Tarahan, Kabupaten Kaur, Bengkulu, dimangsa seekor harimau Sumatera dalam beberapa hari terakhir ini. Akibatnya, warga desa mulai mengungsi ke wilayah lain.

"Saat ini ternak warga sudah banyak habis dimangsa harimau, anjing penjaga kebun, bebek, ayam, harimau kerap kali berkeliling di permukiman dan kebun masyarakat," kata Syamsudin warga setempat, Minggu (11/1/2015).

Syamsudin mengatakan, saat ini banyak warga yang mengungsi. Sementara, warga yang memilih bertahan harus 'extra' waspada, karena harimau terkadang muncul di wilayah perkebunan, pada malam hari. Pihak perangkat desa telah melakukan koordinasi ke BKSDA setempat, namun sejauh ini belum ada keterangan resmi dari BKSDA terkait munculnya harimau di wilayah perkebunan itu.

Sebelumnya di Kabupaten Kaur, tepatnya di Desa Kedataran dan Trans Tanjung Ganti, seekor harimau sempat terjebak di jerat babi milik warga, namun si raja hutan tersebut berhasil meloloskan diri.

Wilayah Kabupaten Kaur merupakan salah satu kabupaten di Bengkulu yang sering ditemukan beberapa harimau  yang masuk ke pemukiman atau pun perkebunan. Hingga kini konflik antara harimau dan masyarakat di wilayah ini tergolong mengkhawatirkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com