Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Prabowo-Hatta Bakar Buku dan Selebaran Kampanye Hitam

Kompas.com - 02/07/2014, 20:14 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan relawan Prabowo-Hatta, Rabu (2/7/2014) sore, di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, membakar ratusan buku dan selebaran kampanye hitam untuk capres nomor urut 1 Prabowo Subianto.

Para relawan yang tergabung dalam Gerakan Jaringan Solidaritas Menangkan Prabowo-Hatta (Jasmerah) Jawa Timur dan Peduli Negeri Selamatkan Indonesia (Perisai) itu membakar buku ukuran kecil berjudul "Islam Sebagai Kuda Tunggangan Politik Prabowo", dan selebaran jurnal yang isinya memojokkan mantan Pangkostrad itu.

"Ini simbol perlawanan kami terhadap apapun bentuk kampanye hitam, karena ini tidak baik untuk kehidupan demokrasi kedepan dan tidak baik untuk pendidikan politik rakyat," kata Koordinator Perisai, Firmansyah Ali.

Selain membakar buku dan selebaran kampanye hitam, mereka juga berorasi dan mengajak pengguna jalan untuk bersama-sama menguatkan gerakan rakyat guna memenangkan Prabowo-Hatta sebagai presiden dan wakil presiden. "Kami akan berpartisipasi aktif mewujudkan demokrasi yang sehat dan bermartabat," kata Sugiharto, koordinator Jasmerah.

Aksi itu sempat memacetkan jalan di kawasan Jalan Gubernur Suryo, karena para relawan juga membagi-bagikan takjil kepada pengguna jalan, serta membagikan PIN atribut bergambar Prabowo-Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com