Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Macan Tutul Terjebak di Kandang Ayam

Kompas.com - 17/06/2014, 14:52 WIB
CILACAP, KOMPAS.com — Seekor macan tutul (Panthera pardus melas) terjebak di sebuah kandang ayam milik warga Desa Kuta Agung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Kami menerima laporan dari warga jika ada seekor macan tutul yang terjebak di kandang ayam. Namun, kami belum mengetahui kronologi kejadian itu," kata Koordinator Polisi Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng Seksi Konservasi Cilacap-Pemalang, Rahmat Hidayat, di Cilacap, Selasa (17/6/2014).

Saat ini tengah dikirim tim ke Desa Kuta Agung, Kecamatan Dayeuhluhur, guna memastikan kondisi macan tutul tersebut. Jika kondisi macan tutul tersebut terluka, BKSDA akan membawanya ke Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Banjarnegara, untuk pengobatan.

"Kami akan berkoordinasi dengan BKSDA Jateng di Semarang untuk penanganan lebih lanjut terhadap macan tutul tersebut," kata Rahmat.

Rahmat menduga, habitat macan tutul itu terjamah manusia sehingga satwa tersebut masuk ke permukiman. "Berkurangnya makanan akibat musim kemarau juga memungkinkan macan tutul masuk ke permukiman untuk mencari makan," kata dia.

Dalam kesempatan terpisah, salah seorang warga Desa Kuta Agung, Sarjono mengatakan, macan tutul tersebut terjebak di kandang ayam milik Ohi yang berjarak sekitar satu kilometer dari permukiman.

Menurut dia, macan tutul tersebut diketahui masuk kandang ayam sekitar pukul 00.00 WIB. "Dini hari tadi, Pak Ohi mendengar suara ribut dari arah kandang ayam. Dia pun segera mendatangi kandang ayam," kata Sarjono.

Saat memeriksa menggunakan senter, kata dia, Ohi melihat ada seekor macan tutul di dalam kandang ayam. Ohi bersama warga lantas melaporkan kejadian tersebut ke Kepolisian Sektor Dayeuhluhur yang diteruskan ke BKSDA Jateng Seksi Konservasi Cilacap-Pemalang.

Sebelumnya, seekor macan tutul terjebak di jebakan babi hutan yang dipasang warga Desa Kuta Agung pada pertengahan 2013. Macan tutul yang mengalami luka parah itu segera dievakuasi ke TRMS Banjarnegara untuk mendapat perawatan. Namun, setelah mendapat perawatan selama beberapa hari, macan tutul tersebut mati akibat infeksi.

Macan tutul yang masuk permukiman tersebut diduga berasal dari hutan yang berada di perbatasan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dan Kuningan, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com