Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2014, 20:37 WIB
JEMBER, KOMPAS.com - Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) berharap agar Presiden Republik Indonesia periode 2014- 2019 harus memiliki konsep ketahanan pangan. Saat ini, kondisi pertanian Indonesia sedang terpuruk, terbukti dengan membanjirnya produk- produk impor pertanian di pasar.

“Presiden yang baru harus memiliki konsep ketahanan pangan, jangan sampai memiliki konsep ketersediaan pangan. Kalau konsepnya ketersediaan pangan, hasilnya seperti ini. Jika stok di dalam negeri menipis, maka dengan mudahnya akan melakukan impor,” ujar Ketua APTRI, Arum Sabil, kepada Kompas.com, Senin (19/5/2014).

Saat ini, lanjut Arum, petani di Indonesia terutama petani tebu benar-benar terpuruk. Kebijakan impor pemerintah sangat memberatkan bagi petani.

“Saat ini gula impor yang masuk sangat berlebihan, kami para petani sangat dirugikan dengan kebijakan tersebut. Untuk itu, presiden mendatang harus memiliki orientasi untuk melakukan pemberdayaan terhadap petani, dan memiliki komitmen yang kuat untuk berpihak terhadap petani,” keluhnya.

Arum mengaku, sejauh ini pihaknya belum memutuskan siapa calon presiden dan wakil presiden yang akan didukung pada pemilu presiden mendatang.

“Kami akan lihat dulu visi dan misinya. Kami akan catat, kami akan rekam, dan akan kami dokumentasikan visi misinya nanti. Sekarang kan baru deklarasi, jadi kami akan pelajari dulu seperti apa komitmen mereka terhadap dunia pertanian,” tegas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com