Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi, Ical, dan Prabowo Diundang ke Pelantikan Wali Kota Makassar

Kompas.com - 07/05/2014, 16:17 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
 — Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto dan Syamsu Rizal, akan dilantik di Anjungan Pantai Losari, Kamis (8/5/2014) sekitar pukul 10.00 Wita. Dalam acara pelantikan itu, panitia pelantikan mengundang tiga tokoh yang selama ini dibicarakan sebagai bakal calon presiden (capres) dalam Pemilu Presiden 2014.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Subag Pemberitaan Humas Pemkot Makassar Hamzah Bakri Muhammad mengatakan, ada 75.000 undangan pelantikan yang disebar. Dari semua undangan itu, tiga bakal capres turut diundang.

"Panitia pelantikan mengundang capres Joko Widodo, Aburizal Bakrie, dan Prabowo. Tidak tahu kalau mereka datang atau tidak, yang jelas undangan sudah disampaikan. Turut diundang juga, semua ketua partai," kata Hamzah, Rabu (7/5/2014).

Selain itu, panitia juga mengundang tamu-tamu kehormatan dari luar negeri, antara lain petinggi sejumlah negara, sejumlah wali kota dari negara-negara maju dan negara tetangga, serta para investor. Rencananya, ada puluhan wali kota dari luar negeri yang akan hadir.

Sementara itu, Anjungan Pantai Losari dipilih sebagai lokasi pelantikan atas pertimbangan aspek budaya. Anjungan yang berdaya tampung puluhan ribu orang itu dinilai sebagai ikon Kota Makassar.

"Dana APBD yang digunakan untuk acara pelantikan yang disahkan oleh DPRD Makassar sebesar Rp 500 juta. Acara pelantikan mulai pukul 10.00 Wita hingga selesai. Ya paling sekitar satu jam acara. Kita ambil lokasi Anjungan Pantai Losari karena (merupakan) ikon Makassar yang berdaya tampung banyak di ruang terbuka. Terlebih lagi, di sekitar Anjungan Pantai Losari, banyak hotel yang bisa ditempati para tamu undangan menginap," ujarnya.

Dari pantauan Kompas.com, lokasi pelantikan sudah disterilkan dan tenda-tenda telah didirikan, mulai dari Anjungan Pantai Losari hingga ke badan Jalan Penghibur. Lokasi pelantikan sementara dihiasi sedemikian rupa, menambah keindahan Pantai Losari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com