Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tertutup Longsor, Warga Sekecamatan Terisolasi

Kompas.com - 19/12/2013, 12:28 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Tebing setinggi hampir 100 meter di wilayah Jalan Kecamatan Karanganyar-Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, longsor dan menutup seluruh bagian jalan, Kamis (19/12/2013) pagi. Akibatnya, akses jalan warga di Kecamatan Karanganyar tertutup dan tidak bisa dilalui sampai siang ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Kundang Sodikin mengatakan, longsoran tebing yang menutup jalan antarkecamatan itu mencapai panjang sekitar 30 meter dan tingginya sekitar 10 meter.

"Longsor disebabkan cuaca buruk dengan guyuran hujan lebat pada malam harinya. Dari tadi pagi sampai sekarang kami masih membuka akses jalan ini. Soalnya warga tidak bisa melalui jalan ini sekarang," jelas Kundang di lokasi kejadian, Kamis siang.

Kundang menambahkan, beberapa alat berat untuk menyingkirkan material longsoran tanah telah tiba di lokasi sehingga diperkirakan proses pembukaan akses jalan bisa dilaksanakan secepatnya.

"Diperkirakan akses jalan akan terbuka dan bisa dilalui oleh kendaraan nanti pukul empat sore. Kalau tadi pagi kendaraan roda dua pun tak bisa lewat," ungkap Kundang.

Sementara Eman (45), salah seorang warga yang dekat lokasi kejadian, menuturkan, longsor terjadi saat tidak turun hujan. Namun, pada malam harinya di sekitar wilayah ini turun hujan.

"Kalau malam masih normal saya lewat jalan ke sini. Tadi pagi saya akan ke Cineam, ternyata ada tumpukan tanah yang menutupi seluruh jalan. Saya pun pulang lagi," kata dia.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa dan kerugian material yang ditimbulkan. Pasalnya, lokasi kejadian jaraknya jauh dengan kawasan permukiman padat penduduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com